Rabu, 19 Agustus 2009

NYADRAN


Di kampung kami ada suatu kebiasaan menjelang bulan puasa kurang 10 hari yang disebut dengan " NYADRAN ". Orang melakukan ritual ini untuk mendoakan arwah para leluhur yang sudah meninggal dunia.

Acara ini dilakukan di area makam. sebelum acara ini dimulai semua warga membersihkan area makam dan sekitarnya, setelah mereka selesai kembali kerumah masing-masing lalu datang lagi membawa " Tenong " (tempat menaruh makanan) yang berisikan bermacam-macam makanan ringan sampai buah-buahan. Dalam ritual ini semua orang saling bertukar makanan mau makan apa saja tinggal pilih.

Pada umumnya acara ini yang paling di nanti oleh anak-anak di kampung kami. Nyadran ini diperuntukan bukan hanya warga di sekitar kami tapi bagi siapa saja yang punya leluhur yang dimakamkan di sini di perkenankan mengikuti acara ini. Mungkin pada suatu saat bagi pembaca yang mau melihat seperti apa sih nyadran itu silahkan datang ke kampung kami pada bulan Ruah kurang lebih tgl 25(jawa).

Tidak ada komentar:

WARUNG MAKAN MBAH MARMI

Warung makan Mbah Marmi Buka dari jam : 06.00 Tutup   Jam     : 22.00 Menu Utama : 1. SAMBEL TUMPANG KOYOR 2. GUDEG 3. SRUNDENG ...